Inilah Cara Melihat Kondisi Kesehatan Lewat Warna Lidah

3:13 PM



Lidah merupakan salah satu anggota tubuh yang biasanya digunakan untuk mengecap rasa. Namun faktanya, lidah tidak hanya untuk mengecap rasa, tetapi lidah juga bisa mengungkapkan kondisi kesehatan seseorang.

Tak heran jika setiap diperiksa oleh dokter, selalu memperlihatkan kondisi lidah. Nah berikut perubahan warna lidah yang bisa mendeteksi masalah kesehatan yang terjadi seperti dilansir dari shape.com.sg.

1. Pink

Lidah berwarna pink terang diketahui sebagai warna normal. Warna ini menunjukkan bahwa Anda memiliki tubuh yang sehat.

2. Pucat

Jika lidah Anda berwarna pucat, bisa jadi Anda kekurangan darah atau kekurangan energi sehingga merasa mudah lelah dan sesak.

3. Ungu

Meski jarang, namun lidah berwarna ungu adanya indikasi aliran darah yang tidak lancar atau demam. Anda mungkin mengalami nyeri atau benjolan di tubuh.

4. Merah
Warna merah pada lidah menandakan panas tubuh yang melonjak. Anda mungkin merasa demam, gelisah dan cenderung ingin minum minuman dingin. Gejala lainnya bisa berupa tenggorokan kering dan nadi berdenyut cepat.

5. Merah tua

Jika Anda memiliki lidah berwarna merah tua, itu mengindikasikan adanya panas internal. Gejalanya bisa meliputi demam, konstipasi, mulut kering, denyut nadi yang kuat dan cepat, serta berkeringat di malam hari.


Sumber : health.detik.com

You Might Also Like

0 comments