Inilah 5 Penyebab Messi Lebih Baik Ketimbang Ronaldo dari Berbagai Sisi

6:56 PM


CRISTIANO Ronaldo dan Lionel Messi bersaing ketat dalam 10 tahun terakhir. Hal itu terbukti dalam rentang waktu tersebut, gelar pemain terbaik dunia dibagi rata oleh Ronaldo dan Messi.

Persaingan keduanya tak hanya melibatkan trofi, begitu juga di apparel. La Pulga –julukan Messi– mewakili Adidas, sedangkan Ronaldo menjadi ikon utama apparel asal Amerika Serikat, Nike.

Membahas persaingan Messi dan Ronaldo memang tak ada habisnya. Namun, setidaknya ada lima alasan mengapa Messi disebut lebih baik ketimbang Ronaldo.

Berikut ini 5 alasan mengapa Messi disebut lebih baik ketimbang Ronaldo.

1. Fleksbilitas Strategi

Ronaldo dikenal sangat piawai menyisir sisi kiri penyerangan. Namun, seiring perubahan strategi dari pola 4-3-3 ke 4-3-1-2 yang dialami Madrid, Ronaldo pun akhirnya ditempatkan sebagai penyerang tengah. Hasilnya tak ideal. Ronaldo hanya mencetak satu gol dari tujuh penampilan di Liga Spanyol 2017-2018. Ia melepaskan 48 tembakan dan hanya menghasilkan satu gol. Hal itu berarti, Ronaldo hanya mengoversi 2,08% peluang menjadi gol.

Sementara itu Messi piawai bermain di berbagai posisi di lini depan. Kedatangan Luis Suarez pada 2014 membuat Messi tergeser untuk bermain sebagai winger kanan. Hasilnya tidak buruk. Terhitung sejak musim panas 2014, kapten Tim Nasional (Timnas) Argentina itu mengemas 153 gol dan 67 assist bersama Barcelona.

2. Jumlah Trofi di Level Klub Lebih Banyak

Ronaldo tampil di level sepakbola profesional sejak 2002, alias dua tahun lebih cepat ketimbang Messi. Namun, jumlah trofi yang diraih Messi lebih banyak ketimbang Ronaldo.

Messi sejauh ini mengoleksi 29 trofi bersama Barcelona, unggul enam gelar dari Ronaldo yang membela tiga klub berbeda (Sporting Lisbon, Manchester United dan Real Madrid). Messi paling dominan soal meraih trofi Liga Spanyol, yakni delapan gelar, berbanding dua milik Ronaldo.

 3. Jumlah Assist

Messi mencetak 116 assist, semenjak tampil di Liga Spanyol pada 2004. Sementara Ronaldo mencatatkan 82 assist semenjak mentas di Liga Spanyol pada 2009. Namun, tak adil jika membandingkan hal di atas. Sebab Messi lima tahun lebih cepat mentas di Liga Spanyol ketimbang sang rival.

Namun ternyata, jika dibandingkan sepanjang karier sepakbola mereka, jumlah assist Messi lebih banyak ketimbang Ronaldo. Messi mencatatkan 237 assist, unggul 20 assist dari Ronaldo.

4. Jumlah Dribel Sukses


Terhitung sejak 2009-2010, Messi rata-rata membuat 7,6 dribel per pertandingan. Sebanyak 4,5 di antaranya berjalan sukses.

Sementara itu dalam periode yang sama, Ronaldo “hanya” mencatatkan 3,6 dribel per pertandingan. Namun, hanya 50% di antaranya yang berjalan sukses, alias 1,8 dribel per laga.

5. Miliki Rata-Rata Gol Lebih Baik

Sepanjang karier profesional, Messi memiliki rata-rata 0,81 gol per pertandingan, berbanding 0,70 milik Ronaldo. Sementara itu, performa terbaik messi tersaji pada 2011-2012.

Dari 60 pertandingan, La Pulga mengemas 73 gol atau rata-rata 1,19 gol per pertandingan. Sementara pencapaian terbaik Ronaldo terjadi di musim 2011-2012. Dari 54 laga, ayah tiga anak itu mencetak 61 gol atau rata-rata 1,10 gol per pertandingan.

SUmber Bola.okezone.com

You Might Also Like

0 comments