5 Macam Bentuk Penipuan yang Wajib Kamu Ketahui

11:34 PM

Social media kerap sekali menjadi solusi untuk membunuh waktu luang kita dan membuang rasa penat kita setelah pulang kerja. Contohnya saja lewat Facebook, karena banyaknya hiburan yang di tuangkan di beranda facebook membuat kita betah untuk terus menghadap ke sosmed, dari bermain game, melihat video lucu dan melihat keluh kesah orang lain bahkan menuliskan unek-unek kita sendiri dengan mengharap ada orang yang merespon kita. 


5 Macam Penipuan Dari Social Media yang wajib kamu Ketahui


Akan tetapi, Dimanapun kita berada penjahat selalu melihat kesempatan dalam kesempitan kita untuk mencuri informasi pribadi kita dan uang dari kita. Seperti yang di lansir Oleh Kompas.com di bawah ini adalah macam-macam bentuk Penipuan yang ada di Facebook dan tidak kita sadari:

1. Kuis Facebook (Fitur FB)

Di dalam facebook memiliki fitur Kuis, dimana orang yang membuat kuis memainkan permainannya. Dengan Kusi tersebut kita akan bermain dengan asyik dan membuat pikiran kita lebih fresh. Namun yang berbahaya disini dalam kuis ini sering kali kita diminta untuk membolehkan mereka mengkases Profil kita. Bahkan menurut penilitian pendiri Global indentity Protection and Data, Adam levin selaku pendiri mengatakan bahwa Fitur kuis bisa mengajukan banyak pertanyaan dan pertanyaan itu bisa langsung mengakses jauh dari data-data kita. Dan Fitur tersebut adalah murni karena mengumpulkan data melalui pertanyaan keamanan.

Adam levin sendiri juga memberikan saran agar berhati-hati dalam bermain game kuis seperti ini. Jika ingin bermain kuis pastikan dari laman dan situs yang terpercaya. Dan berikanlah jawaban yang palsu tentang pertanyaan soal pemulihan kata kunci sehingga password kita tidak mudah di ambil dan di pecahkan oleh mereka. Karena penipu sendiri mudah sekali untuk memancing kita agar kita tertarik dengan permainan mereka.

2. Hadiah Yang tidak Masuk Akal


Ada juga Penipuan berkedok dengan hadian gratis dan berharga mahal. Tambah lagi mereka mempunyai laman yang hampir sama dengan aslinya sehingga kita sendiri bingung ini asli ataukah bukan. Dengan Hadian bernilai jutaan siapa yang tidak mau dengan hadiah tersebut.


Sebenarnya memang banyak sekali undian seperti itu, ada juga undian yang asli tapi banyak juga undian yang palsu. Dan sering kali ada maksud tersendiri dari undian tersebut.

Hadiah yang sering kali di berikan dengan nilai jutaan rupiah bahkan ratusan juta, seperti iPad, Perhiasan berlimpah, Tiket liburan keluar negeri. sangat-sangat menggiurkan, bahkan dengan syarat yang sangat mudah untuk mengikuti undian tersebut banyak sekali yang terpancing dengan hal seperti itu dan akhirnya kita memberikan data kita sehingga data kita sudah tidak aman lagi.

Saran kami adalah jika ingin mengikuti undian seperti itu pastikan laman yang menyediakan undian terpercaya, dan pikirkan lagi resiko besar yang akan kia terima jika mengikuti hal tersebut.

3. Teman Lama yang Baru

Sering kali kita menemukan nama teman kita yang lama menambahkan pertemanan kita ke facebook kita. Dengan alasan facebook yang lama lupa dengan passwordnya. Memang kadang ada benarnya. Akan tetapiada juga perintaan yang tidak jujur.

Penipu sekarang memiliki banyak sekali tips dan trik untuk memancing mangsanya seperti dengan membuat kloningan Fb teman lamanya dan mengaku Facebook lamanya sudah hilang. Kadang juga dari Facebook teman yang terkena hack facebook oleh hacker dan di gunakan untuk hal-hal yang membuat kita terpenjara.

4. Pesan Tak Jelas

Terkadang ada teman facebook kita yang tidak kita kenal memposting sebuah tautan. Dan pastinya mebuat kita tergoda. Padahal tautan tersebut adalah link menuju laman yang tidak aman sehingga komputer atau laptop kita terkena malware yang dapat mengambil semua data penting di komputer kita.

Karena itu kita harap berhati-hati disaat ada teman kita menyebarkan sebuah tautan yang tidak begitu kita kenal. Tentunya agar kita tidak terkena malware yang membuat komputer kita terkena serangan hacker.

5. Penggalangan Dana

Disaat indonesia terkena Tragedi dan musibah besar, Akan ada seseorang yang baik untuk mewakilkan dirinya sebagai donatur atau penyalur donasi kepada korban.

Dan yang sering kita lihat sekarang banyak orang-orang baru yang tiba-tiba menjadi penyalur donasi bohongan. Dengan cara menggalang dana lewat social media. Padahal akhir dari dana yang ia kumpulkan berakhir dikantongnya sendiri.

Apalagi sekarang banyak website yang memang terpercaya sebagai penggalang dana dengan cepat, akan tetapi malah di masuki penipun dengan memanfaatkan celah tersebut sebagai penyalur dana.

Untuk Lebih amannya, saran terbaik kita adalah jika ingin menyalurkan dana salurkanlah kepada lembaga-lembaga yang terpercaya dan sudah ada Sertifikat resmi dari pemerintah untuk menyalurkan dana kepada orang yang berhak, sehingga dana yang kita bagikan aman.


Demikianlah 5 macam bentuk penipuan lewat social media terutama lewat facebook. Agar tidak terjadi lagi berhati-hatilah dalam berselancar dan bersantai ria di beranda facebook kalian.

Sumber : Kompas.com

You Might Also Like

0 comments